Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
| 1. Program Studi S1 Akuntansi |
Gelar Lulusan : S.Ak. atau S.A. atau S.E. atau SAk. atau SA. atau SE.Ilmu Akuntansi berkembang sangat cepat dalam mendukung kebutuhan perusahaan, profesi akuntan, pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ekonomi global, turbulansi, teknologi informasi dan komunikasi.
Salah satu sifat mendasar akuntansi adalah memberikan informasi keuangan yang cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga memiliki akuntabilitas kepada seluruh pengguna dalam rangka terciptanya good corporate governance dan good government governance.
Program Studi Akuntansi menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi mampu menguasai aplikasi akuntansi dan keuangan, pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial perusahaan dan sektor publik sebagai manajer maupun entrepreneur yang mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan secara profesional serta mampu memahami perkembangan teknologi sistem informasi bidang akuntasi dan keuangan yang aplikatif.
Kompetensi Lulusan S1 Akuntansi
Lulusan Program Studi S1 Akuntansi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk menyusun laporan keuangan, mengelola keuangan, mengembangkan sistem informasi akuntansi, melaksanakan audit keuangan, operasional perbankan konvensional maupun syariah, penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka pemenuhan kebutuhan kredit melalui peran sektor perbankan, menghitung dan menyusun laporan pajak, menganalisa laporan keuangan sektor publik untuk pengembangan institusi sektor publik; mampu melakukan analisis kuantitatif bidang akuntansi; mampu melakukan pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial dan sektor publik; mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi; memiliki keahlian di bidang manajemen perpajakan, dsb.
Kompetensi dasar Sarjana Akuntansi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang akuntansi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang akuntansi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang akuntansi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan S1 Akuntansi memiliki integritas yang kuat, kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang akuntansi, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Akuntansi
Sarjana Akuntansi dapat bekerja dan berkarir sebagai Akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan sektor publik, audit internal, dan akuntan pendidik.
Berkarir di Lembaga Pemerintahan, Organisasi Swasta, maupun Kantor Akuntan Publik (KAP) sebagai Akuntan/auditor internal atau staf pemeriksa di berbagai departemen dan lembaga seperti di Departemen Keuangan, BPK, BPKP, KPK, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Wilayah Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, PMDN maupun PMA, staf ahli akuntansi dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.
Menjadi Entreprenuer (Wirausahawan) dengan membangun jasa konsultan akuntan publik, keuangan dan perpajakan, konsultan manajemen untuk korporasi maupun perseorangan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Biaya & Lab | 3 | | Akuntansi Internasional | 3 | | Akuntansi Keuangan I & Lab | 3 | | Akuntansi Keuangan II & Lab | 3 | | Akuntansi Keuangan Lanjutan I & Lab | 3 | | Akuntansi Keuangan Lanjutan II & Lab | 3 | | Akuntansi Manajemen | 3 | | Akuntansi Pemerintahan | 3 | | Akuntansi Sektor Publik | 3 | | Analisi Investasi & Portfolio | 3 | | Analisis Kinerja Keuangan | 3 | | Aspek Hukum Dalam Ekonomi | 2 | | Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) I | 3 | | Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) II & Lab | 3 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bank & Lembaga Keuangan | 2 | | Ekonomi Internasional | 3 | | Ekonomi Koperasi | 3 | | Ekonomi Manajerial (Mikro) | 3 | | Ekonomi Moneter (Makro) | 3 | | Etika Bisnis & Profesi | 2 | | Hukum Bisnis | 2 | | Hukum Pajak | 3 | | Ilmu Alamiah Dasar | 3 | | Ilmu Sosial & Budaya Dasar | 3 | | Internal Audit | 3 | | Kapita Selekta | 1 | | Kewirausahaan | 2 | | Manajemen Keuangan I & Lab | 3 | | Manajemen Keuangan II | 3 | | Manajemen Operasional | 3 | | Manajemen Pemasaran | 3 | | Manajemen Strategik | 2 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Manajemen Umum | 2 | | Matematika Ekonomi | 3 | | Metode Penelitian | 3 | | Operation Research | 3 | | Pemeriksaan Manajemen | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Penganggaran & Lab | 3 | | Pengantar Akuntansi I & Lab | 3 | | Pengantar Akuntansi II & Lab | 3 | | Pengantar Aplikasi Komputer | 2 | | Pengantar Bisnis | 3 | | Pengantar Ekonomi Makro | 3 | | Pengantar Ekonomi Mikro | 3 | | Pengantar Ekonomi Pembangunan | 2 | | Pengantar Manajemen | 3 | | Pengantar Teknologi Informasi & Lab | 2 | | Perekonomian Indonesia | 3 | | Perilaku Organisasi | 2 | | Perpajakan I | 3 | | Perpajakan II & lab | 3 | | Seminar Akuntansi | 3 | | Sistem Balas Jasa SDM | 2 | | Sistem Informasi Akuntansi I | 3 | | Sistem Informasi Akuntansi II | 3 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Sistem Pengendalian Manajemen | 3 | | Skripsi | 6 | | Sosiologi dan Politik | 2 | | Statistik I | 2 | | Statistik II | 2 | | Studi Kelayakan Bisnis | 3 | | Teknik Proyeksi Bisnis | 3 | | Teori Akuntansi Keuangan | 3 | | Teori Ekonomi Makro | 2 | | Teori Ekonomi Mikro | 2 |
|
|
| 2. Program Studi S1 Bahasa Inggris / Sastra Inggris |
Gelar Lulusan : S.S. atau S.Hum. atau SS. atau SHum.| Prospektus S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Kompetensi Lulusan S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan Bahasa Inggris secara umum maupun untuk tujuan khusus atau profesional di berbagai bidang seperti pariwisata, bisnis export-import, perhotelan, biro perjalanan wisata, perbankan, kesekretariatan, kursus bahasa, penerjemahan, penjuru-bahasaan, penerjemahan film, komunikasi massa dan hubungan masyarakat.
Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris tidak saja memiliki keterampilan dan pengetahuan linguistik serta sastra inggris, tetapi juga mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat secara profesional di berbagai bidang; memahami prinsip dasar pengetahuan dan ketrampilan berbahasa Inggris dan dasar-dasar ilmiah, serta metodologi penelitian sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan memecahkan masalah yang terkait dengan Bahasa dan Sastra Inggris; memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan tersebut untuk kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat; memiliki sifat terbuka dan tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan lingkungan sosial budaya masyarakat, terutama yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra Inggris; mampu melakukan penelitian di bidang Bahasa dan Sastra Inggris dengan menggunakan metode ilmiah, serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggung-jawabkan hasil penelitian demi kaidah ilmiah.
Kompetensi dasar Sarjana Bahasa dan Sastra Inggris adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Bahasa dan Sastra Inggris; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Bahasa dan Sastra Inggris, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Bahasa dan Sastra Inggris, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Sarjana Bahasa dan Sastra Inggris dapat bekerja dan berkarir di semua lembaga pemerintah dan non pemerintah (swasta), baik lokal, nasional, regional, dan internasional; dapat bekerja dan berkarir pada perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti pariwisata, bisnis export-import, perhotelan, biro perjalanan wisata, perbankan, kesekretariatan, kursus bahasa, penerjemahan, penjuru-bahasaan, penerjemahan film, komunikasi massa, dan hubungan masyarakat; sebagai penerjemah bahasa profesional, tour guide, sekretaris, manajer/staf administrasi, manajer/staf layanan pelanggan, praktisi bahasa, pemimpin acara (MC), presenter/penyiar, peneliti, dosen/pengajar, dsb.
Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) dengan mendirikan perusahaan jasa seperti kursus bahasa asing, biro perjalanan luar negeri, perusahaan ekspor-impor, biro penerjemahan (umum, film, dsb), biro pariwisata, dsb.
| Mata Kuliah S1 Bahasa & Sastra Inggris |
* = Mata Kuliah Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Computer | 2 | | Crictical Theory I: East Philosopher | 2 | | Critical Theory II: West Philosopher | 2 | | Cross-Cultural Understanding | 2 | | DDF dan Metode Penelitian I | 2 | | DDF dan Metode Penelitian II | 2 | | Drama I: Textual Drama | 2 | | Drama II: Film Script | 2 | | Historical Comparative Linguistics | 2 | | Ilmu Alamiah Dasar | 2 | | Indonesia Writing I: Theoretical Und. | 2 | | Indonesian Writing II: Writing Skill | 2 | | Interpreting: E - I - 1 | 2 | | Interpreting: E - I - 2 | 2 | | Interpreting: I - E - 1 | 2 | | Interpreting: I - E - 2 | 2 | | Intro. To English History | 2 | | Introduction to Linguistics | 2 | | Introduction to Literary Analysis | 2 | | Journalism | 2 | | Kewirausahaan | 2 | | KKN | 2 | | Listening I | 2 | | Listening II | 2 | | Listening III | 2 | | Manusia dan Kebudayaan Indonesia | 2 | | Masyarakat Kesenian Indonesia | 2 | | Modern Linguistics | 2 | | Morphology | 2 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Pengantar Penelitian Kebudayaan | 2 | | Phonology | 2 | | Poetry I: Old Poetry | 2 | | Poetry II: Modern Poetry | 2 | | Principles of Interpreting | 2 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Principles of Translation | 2 | | Prose I: Non-Fiction | 2 | | Prose II: Short Stories | 2 | | Prose III: Novel | 2 | | Prose IV: Writing Stories | 2 | | Psycholinguistics | 2 | | Reading I: Reading Aloud | 2 | | Reading II: Intensive Reading | 2 | | Reading III: Extensive Reading | 2 | | Research on Linguistics | 2 | | Research on Literature | 2 | | Review to Grammar | 2 | | Semantics | 2 | | Skripsi | 6 | | Sociolinguistics | 2 | | Speaking I: Introduction | 4 | | Speaking II: Situational Conversation | 2 | | Speaking III: Discussion | 2 | | Structure I: Part of Speech | 2 | | Structure II: Review to Tenses | 2 | | Structure III: Review to Verb Pattern | 2 | | Structure IV: Modern Eng. Grammar | 2 | | Survey of American Literature | 2 | | Survey of English Literature | 2 | | Survey of Modern British Literature | 2 | | Syntax | 2 | | Teaching methodology | 2 | | Tour Of Duty | 1 | | Translation: E - I - 1 | 2 | | Translation: E - I - 2 | 2 | | Translation: I - E - 1 | 2 | | Translation: I - E - 2 | 2 | | Writing I: Imaginative Writing | 2 | | Writing II: Journal Writing | 2 | | Writing III: Essay Writing | 2 | | Writing IV: Academic Writing | 2 |
|
|
| 3. Program Studi S1 Manajemen |
Gelar Lulusan : S.M. atau S.Mn. atau S.E. atau SM. atau SMn. atau SE.Ilmu manajemen berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial.
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
Program studi manajemen menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha.
Kompetensi Lulusan S1 Manajemen
Lulusan Program Studi Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.
Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.
Kompetensi dasar Sarjana Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Manajemen
Sarjana Manajemen dapat bekerja dan berkarir sebagai :
Entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.
Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Biaya | 3 | | Akuntansi Manajemen | 3 | | Analisis Laporan Keuangan | 3 | | Anggaran Perusahaan | 3 | | Aspek Hukum Dalam Ekonomi | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bank & Lembaga Keuangan | 3 | | Bisnis Internasional | 2 | | Ekonomi Internasional | 3 | | Ekonomi Koperasi | 3 | | Ekonomi Manajerial | 3 | | Ekonomi Syariah | 2 | | Etika Bisnis | 2 | | Hukum Bisnis | 2 | | Ilmu Alamiah Dasar | 3 | | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | 3 | | Kapita Selekta | 1 | | Kewirausahaan | 3 | | Komunikasi Bisnis | 3 | | Manajemen Bank | 3 | | Manajemen Bisnis UKM | 2 | | Manajemen Distribusi | 2 | | Manajemen Internasional | 2 | | Manajemen Investasi | 3 | | Manajemen Keuangan | 3 | | Manajemen Keuangan Internasional | 3 | | Manajemen Keuangan Lanjutan | 3 | | Manajemen Operasional | 3 | | Manajemen Operasional Lanjutan | 2 | | Manajemen Pemasaran | 3 | | Manajemen Pemasaran Internasional | 3 | | Manajemen Pemasaran jasa | 2 | | Manajemen Produk & Harga | 3 | | Manajemen Resiko | 3 | | Manajemen Startegik | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 | | Matematika Ekonomi | 3 | | Metodologi Penelitian | 3 | | Operation Research | 3 | | Pasar Modal & Investasi | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Penganggaran Perusahaan | 3 | | Pengantar Akuntansi I | 3 | | Pengantar Akuntansi II | 3 | | Pengantar Aplikasi Komputer | 2 | | Pengantar Bisnis | 3 | | Pengantar Ekonomi Makro | 3 | | Pengantar Ekonomi Mikro | 3 | | Pengantar Ekonomi Pembangunan | 2 | | Pengantar Manajemen | 3 | | Pengantar Teknologi Informasi & Lab | 2 | | Perekonomian Indonesia | 3 | | Perencanaan & Pengembangan SDM | 3 | | Perilaku Keorganisasian | 3 | | Perilaku Konsumen | 3 | | Perpajakan | 3 | | Seminar Manajemen Keuangan * | 3 | | Seminar Manajemen Operasional * | 3 | | Seminar Manajemen Pemasaran * | 3 | | Seminar Manajemen SDM * | 3 | | Sistem Balas Jasa SDM | 2 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Skripsi | 6 | | Sosiologi dan Politik | 2 | | Statistik I | 3 | | Statistik II | 3 | | Studi Kelayakan Bisnis | 3 | | Teknik Proyeksi Bisnis | 3 | | Teori Ekonomi Makro | 2 | | Teori Ekonomi Mikro | 2 | | Teori Pengambilan Keputusan | 3 |
|
|
| 4. Program Studi S1 Sistem Informasi |
Gelar Lulusan : S.S.I. atau S.Kom. atau S.T. atau S.Si. atau Ir. atau SSI. atau SKom. atau ST. atau SSi. atau Ir.| Prospektus S1 Sistem Informasi |
Sistem Informasi bersama-sama dengan teknik informatika, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.
Program studi Sistem Informasi menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.
Sistem Informasi sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia infomrasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Sistem Informasi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.
Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Sistem Informasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang sistem informasi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di sistem informasi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang sistem informasi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Sistem Informasi
Sarjana Sistem Informasi dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Tenaga Ahli/Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analysis, programmer, dsb.
| Mata Kuliah S1 Sistem Informasi |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akuntansi Dasar | 2 | | Algoritma Pemrograman & Struktur Data | 4 | | Aljabar Linier * | 3 | | Analisa & Perancangan Sistem Informasi | 3 | | Analisa Perancangan Berorientasi Obyek | 3 | | Analisa Perancangan E-Bussiness * | 3 | | Analisa Proses Bisnis * | 3 | | Aplikasi Komputer | 3 | | Audit Sistem Informasi * | 3 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris 1 | 2 | | Bahasa Inggris 2 | 2 | | Bahasa Inggris 3 * | 2 | | Bahasa Inggris 4 * | 2 | | Bahasa Pemrograman * | 3 | | Basis Data | 3 | | Dasar Pemrograman | 3 | | Data Warehouse & Data Minning * | 3 | | Database Spesial * | 3 | | E-Bisnis * | 3 | | E-Commerce * | 3 | | Enterprise Information System * | 3 | | Enterprise Resource Planning * | 3 | | Etika Profesi | 2 | | Interaksi Manusia & Komputer * | 3 | | IT-Advertasing + Praktek * | 3 | | IT-Governance * | 3 | | Jaringan Komputer | 3 | | Keamanan Sistem Informasi * | 3 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Kewirausahaan | 2 | | Kewirausahaan 2 * | 2 | | Kewirausahaan 3 * | 2 | | Komputer & Masyarakat | 2 | | Komputer Grafik | 2 | | Komputer Masyarakat * | 3 | | Komunikasi Antar Personal * | 2 | | Konsep Portal & Manajemen Konten * | 3 | | Konsep Sistem Informasi | 3 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Logika Matematika * | 3 | | Manajemen Proyek Sistem Informasi | 3 | | Manajemen Sains * | 3 | | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | | Manajemen Umum * | 3 | | Matematika Dasar | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | | Mobile Programming * | 3 | | Multimedia & Animasi * | 3 | | Pemrograman Aplikasi Basis Data * | 3 | | Pemrograman Berorientasi Objek * | 3 | | Pemrograman Visual * | 3 | | Pemrograman Web 1 * | 3 | | Pemrograman Web 2 * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pengantar Akuntansi * | 3 | | Pengantar Manajemen dan Bisnis * | 3 | | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | | Pengembangan Sistem Informasi * | 3 | | Pengetahuan Bisnis * | 2 | | Perancangan Basis Data * | 3 | | Praktikum Algoritma & Pemrograman | 1 | | Praktikum Analisa Perancangan Berorientasi Objek | 1 | | Praktikum Bahasa Pemrograman | 1 | | Praktikum Basis Data | 1 | | Praktikum Dasar Pemrograman | 1 | | Praktikum E-Commerce * | 1 | | Praktikum Jaringan Komputer * | 1 | | Praktikum Manajemen Proyek * | 1 | | Praktikum Manajemen Proyek Sistem Informasi | 1 | | Praktikum Pemrograman Visual * | 1 | | Praktikum Pemrograman Web * | 1 | | Praktikum Perancangan Basis Data * | 1 | | Praktikum Sistem Operasi | 1 | | Praktikum Struktur Data * | 1 | | Proyek Pengembangan Sistem Informasi | 3 | | Rekayasa Perangkat Lunak * | 3 | | Rekayasa Sistem Informasi * | 3 | | Remote Sensing * | 3 | | Seminar Tugas Akhir | 1 | | Sistem Akuntansi * | 3 | | Sistem Informasi Akuntansi * | 3 | | Sistem Informasi Geografis * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen * | 3 | | Sistem Operasi | 3 | | Sistem Pengambilan Keputusan * | 3 | | Statistika & Probabilitas | 3 | | Strategi E-Bisnis * | 2 | | Struktur Data * | 3 | | Testing & Implementasi Sistem Informasi | 3 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 5 |
|
|
| 5. Program Studi S1 Teknik Informatika |
Gelar Lulusan : S.T. atau S.Kom. atau S.Si. atau Ir. atau ST. atau SKom. atau SSi. atau Ir.| Prospektus S1 Teknik Informatika |
Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.
Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.
Teknik Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika
Lulusan Program Studi Teknik Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika
Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.
Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.
Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.
Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.
| Mata Kuliah S1 Teknik Informatika |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Algoritma dan Pemrograman | 3 | | Aljabar Linier dan Matrik | 3 | | Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | | Analisa dan Perancangan Perangkat lunak * | 4 | | Analisa dan Perencanaan Sistem * | 3 | | Aplikasi Komputer | 3 | | Aplikasi Multimedia * | 2 | | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 3 | | Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Ilmiah | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bahasa Rakitan * | 2 | | Basis Data | 3 | | Client-Side Scripting * | 3 | | Dasar Komputer | 2 | | Dasar Router * | 3 | | Data Mining * | 2 | | Data Ware House * | 2 | | Etika Profesi | 2 | | Fisika Dasar | 3 | | Fisika Modern * | 3 | | Grafik Komputer * | 3 | | Hukum Bisnis * | 2 | | Intelegensi Buatan * | 2 | | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | | Jaringan komputer dan Keamanan Data I | 4 | | Jaringan Komputer dan Keamanan Data II * | 4 | | Kalkulus I | 2 | | Kalkulus II | 2 | | Keamanan Jaringan * | 3 | | Keamanan Komputer * | 3 | | Kecakapan Antara Personal * | 2 | | Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) | 4 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis | 3 | | Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis Lanjut * | 2 | | Kimia Dasar * | 2 | | Komputer dan Masyarakat | 3 | | Komputer Grafik * | 3 | | Komunikasi Data * | 3 | | Konsep Bahasa Pemrograman * | 3 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Kriptografi * | 3 | | Logika Informatika | 3 | | Manajemen Jaringan * | 2 | | Manajemen Proyek Perangkat Lunak | 3 | | Manajemen Proyek Teknologi Informasi * | 3 | | Manajemen Transaksi Basis Data * | 3 | | Matematika Distrik | 3 | | Metode Numerik * | 3 | | Metodologi Penelitian Teknologi Informasi | 2 | | Microprogramming * | 3 | | Model dan Simulasi (Praktek) * | 3 | | Multimedia * | 3 | | Multimedia 3D dan Animasi * | 2 | | Oracle * | 4 | | Pemodelan 2D / 3D * | 3 | | Pemodelan dan Simulasi * | 3 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pemrograman Assembler * | 3 | | Pemrograman Berorientasi Objek | 3 | | Pemrograman C++ * | 3 | | Pemrograman Jaringan * | 3 | | Pemrograman P/L SQL * | 4 | | Pemrograman Visual Client Server * | 3 | | Pemrograman Visual Multitier * | 3 | | Pemrograman Web Enterprise * | 3 | | Pendidikan Agama | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila | 2 | | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | | Pengolahan Citra * | 3 | | Perancangan Basis Data * | 3 | | Perancangan OOP + Praktikum | 3 | | Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 1 | | Praktikum Analisa Berorientasi Objek | 1 | | Praktikum Bahasa Rakitan * | 1 | | Praktikum Basis Data | 1 | | Praktikum Dasar Kopumter | 1 | | Praktikum Data Warehouse dan Data Mining * | 1 | | Praktikum Fisika Dasar | 1 | | Praktikum Hardware dan Software | 4 | | Praktikum Jaringan | 1 | | Praktikum Kecerdasan Buatan * | 1 | | Praktikum Konsep Bahasa Pemrograman | 1 | | Praktikum Linux | 4 | | Praktikum Multimedia | 1 | | Praktikum Pemograman Mobile Java * | 4 | | Praktikum Pemrograman Orientasi Objek | 1 | | Praktikum Pemrograman Web | 1 | | Praktikum Perancangan Basis Data | 1 | | Praktikum Php MySQL | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop I * | 4 | | Praktikum Pilihan Program Desktop II * | 4 | | Praktikum Sistem Multimedia * | 1 | | Praktikum Sistem Operasi | 1 | | Praktikum Struktur Data | 1 | | Praktikum Vb.Net * | 4 | | Rangkaian Digital * | 3 | | Rekayasa Perangkat Lunak I + Praktek * | 4 | | Rekayasa Perangkat Lunak II + Praktek * | 4 | | Riset Teknologi Informasi | 3 | | Seminar Tugas Akhir | 1 | | Server-Side Scripting * | 3 | | Sistem Basis Data | 3 | | Sistem Berkas * | 3 | | Sistem Informasi Manajemen | 3 | | Sistem Keamanan Komputer * | 3 | | Sistem Multimedia * | 3 | | Sistem Operasi | 3 | | Sistem Perangkat Lunak * | 3 | | SQL Server * | 4 | | Statistika dan Probabilitas | 3 | | Struktur Organisasi Data | 3 | | Teknik Kompilasi * | 3 | | Teknik Simulasi * | 2 | | Teknologi dan Sistem Basis Data* | 3 | | Teori Bahasa dan Automata * | 3 | | Teori Komputasi * | 2 | | Tugas Akhir (Skripsi) | 6 |
|
|
| 6. Program Studi S1 Teknik Kimia |
Gelar Lulusan : S.T. atau Ir. atau ST. atau Ir.| Prospektus S1 Teknik Kimia |
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Kimia
Lulusan Program Studi Teknik Kimia memiliki teori cukup mendalam untuk menerapkan ilmunya dalam menjalankan tugas di bidang Teknik Kimia, terutama untuk pelaksanaan operasi, pengelolaan dan perancangan.
Lulusan Program Studi Teknik Kimia dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan untuk mengembangkan diri dan berkreasi dalam tugas pengembangan, perancangan serta pengkoordinasian pekerjaan pengolahan bahan mentah menjadi produk dalam skala besar melalui proses kimia dan/atau fisika dengan mempertimbangkan aspek teknis relevan, ekonomis yang berwawasan lingkungan; bertanggung jawab serta sanggup mengembangkan daya guna kekayaan alam Indonesia, bagi kesejahteraan bangsa khususnya dan umat manusia umumnya.
Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Kimia adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik kimia; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada.
Sarjana Teknik Kimia menguasai pokok-pokok elementer sains-sains dasar, ilmu-ilmu dasar rekayasa dan ilmu-ilmu rekayasa proses kimia serta cakap dan terampil dalam memanfaatkan (mempraktekkannya), sehingga dapat beradaptasi dengan cepat jika bekerja di industri proses kimia dan/atau instansi-instansi (atau sektor-sektor) yang berkaitan, sebagai insinyur pengoperasi, insinyur proses, insinyur perancang, ataupun insinyur penjualan; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang perindustrian dan perniagaan kimia, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik kimia, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut; mampu melakukan perhitungan untuk menyelesaikan masalah teknik kimia sebagai engineer perencana maupun pengoperasi pabrik.
Sarjana Teknik Kimia menguasai masalah dasar perancangan perpipaan dan detail peralatan industri kimia sehingga dapat merancang dan mengevaluasi sistem perpipaan dan peralatan industri kimia; memiliki kemampuan memahami dan menganalisis desain sistem pengendalian modern untuk proses kimia; memiliki kemampuan menganalisa teknik biokimia dan menguasai teknik bioreaktor agar dapat memecahkan permasalahan dan melakukan perancangan yang berkaitan dengan bioteknologi; memiliki kemampuan menganalisa dan melakukan perancangan terhadap proses kimia.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Kimia
Sarjana Teknik Kimia dapat bekerja dan berkarir di industri proses kimia, industri petrokimia, industri kertas, industri makanan dan bahan makanan, pabrik semen, industri pupuk, industri pengolahan tambang, industri minyak dan gas bumi, kilang BBM, perusahaan EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning), FMCG (Fast Moving Consumer Goods), perusahaan bidang oleochemical, industri renewable energy (bioetanol, biodiesel, gasifikasi biomassa), industri katalis, agrobisnis, berbagai industri speciality chemical, instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Depkes, dsb), lembaga penelitian, peruguruan tinggi (PTN, PTS), dsb.
Sarjana Teknik Kimia juga dapat menjadi entreprenuer (wirausahawan) yang handal dengan mendirikan konsultan industri rekayasa, konsultan proses kimia, dsb.
| Mata Kuliah S1 Teknik Kimia |
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Alat Industri Kimia | 3 | | Aplikasi Teknologi Informasi pada Teknik Kimia | 2 | | Azas Teknik Kimia I | 2 | | Azas Teknik Kimia II | 2 | | Azas Teknik Kimia III | 3 | | Bahan Kontruksi Teknik Kimia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II * | 2 | | Bahasa Inggris III * | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Ekonomi Teknik | 2 | | Elemen Mesin | 2 | | Fisika Dasar I | 2 | | Fisika Dasar II | 2 | | Fisika Dasar III | 2 | | Ilmu Sosial Dasar | 2 | | Kalkulus I | 2 | | Kalkulus II | 2 | | Kalkulus III | 2 | | Kerja Praktek | 2 | | Kewirausahaan | 2 | | Kimia Analisis | 3 | | Kimia Dasar | 3 | | Kimia Fisika | 3 | | Kimia Organik | 3 | | Kimia Zat Padat | 3 | | Komputasi Proses | 2 | | Konsep Teknologi * | 2 | | Manajemen Proyek * | 2 | | Matematika Teknik Kimia II | 2 | | Matematika Teknik Kimia II | 3 | | Menggambar Teknik | 2 | | Migas / Petrokimia | 2 | | Mikrobiologi Teknik Kimia | 2 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Operasi Teknik Kimia I | 3 | | Operasi Teknik Kimia II | 3 | | Operasi Teknik Kimia III | 3 | | Pendadaran | 1 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Pancasila | 2 | | Penelitian Laboratorium | 3 | | Pengendalian Mutu dan TQM | 2 | | Pengendalian Proses | 3 | | Penggerak Mula | 2 | | Perancangan Alat Proses | 3 | | Perancangan Pabrik (Skripsi) | 3 | | Perancangan Pabrik Kimia I | 2 | | Perencanaan Pabrik Kimia II | 2 | | Praktikum Teknik Kimia I | 2 | | Praktikum Teknik Kimia II | 3 | | Praktikum Teknik Kimia III | 2 | | Praktikum Teknik Kimia IV | 2 | | Program Komputer | 2 | | Proses Industri Kimia I | 3 | | Proses Industri Kimia II | 2 | | Proses Transfer | 3 | | Struktur Bangunan * | 2 | | Teknik Reaksi Kimia I | 2 | | Teknik Reaksi Kimia II | 2 | | Teknik Reaksi Kimia III | 2 | | Teknik Reaktor * | 3 | | Teknik Tenaga Listrik | 2 | | Teknologi Air dan Limbah Industri | 2 | | Teknologi Bahan Makanan | 2 | | Teknologi Polimer | 2 | | Termodinamika Teknik Kimia | 2 | | Termodinamika Teknik Kimia II | 3 | | Utilitas | 3 |
|
|
| 7. Program Studi S1 PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) |
Gelar Lulusan : S.Pd.I atau S.Pd.I| Prospektus S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Madrasah Ibtidaiyah dipahami sebagai lembaga pendidikan Islam tingkat dasar seperti lembaga pendidikan tingkat dasar pada umumnya, tetapi memiliki berbagai karakter dan keunikan. MI sebagai lembaga pendidikan di Indonesia sebagaimana lembaga pendidikan lainnya harus mengikuti perundang-undangan yang berlaku, seperti UU No 20/2003 tentang Sisdiknas, PP 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Apa hakikat MI? Madrasah itu sebetulnya pondok pesantren plus dan sekolah plus. MI (unggul pada sistem pendidikan modern terutama mata pelajaran umum) plus kepribadian Muslim, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Kompetensi lulusan yang diharapkan dari program studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah sebagai berikut :
1. Kompetensi Paedagogik meliputi:- menguasai karakteristik peserta didik anak usia dini dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual;
- menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi anak usia MI/SD;
- mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu;
- menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik;
- memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik;
- memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki;
- berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik;
- menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
- memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran;
- melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
2. Kompetensi Kepribadian meliputi:- bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia;
- menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
- menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa;
- menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri;
- menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
3. Kompetensi Sosial meliputi: - bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi;
- berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat;
- beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya;
- berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
4. Kompetensi Profesional meliputi:- menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan;
- menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI);
- mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif;
- mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
- memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Standar Kompetensi LulusanSecara generik, standar kompetensi lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) diharapkan mampu menjadi sarjana muslim profesional dalam bidang pendidikan dan pengajaran sebagai berikut:
- Memahami peserta didik MI dan SD Islam;
- Menguasai materi MI dan SD Islam secara mendalam;
- Merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada MI dan SD Islam;
- Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
- Menguasai kinerja diri sendiri;
- Mengembangkan diri secara berkelanjutan;
- Bergaul secara santun dan efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat
Profil, Profesi dan Karir Lulusan S1 PPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Profil Lulusan Program Studi PGMI- Guru MI dan SD Islam;
- Peneliti Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam;
- Fasilitator dan Pelatih di berbagai Pelatihan Pendidikan MI dan SD Islam;
- Penulis buku-buku Pendidikan MI dan SD Islam.
- Pengelola lembaga atau unit bidang Madrasah Ibtidaiyah
| Mata Kuliah S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
* = Mata Kuliah Pilihan / Konsentrasi
| Mata Kuliah | SKS | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Filsafat Umum | 2 | | Bahasa Arab – 1 | 2 | | Bahasa Arab – 2 | 2 | | Bahasa Inggris – 1 | 2 | | Bahasa Inggris – 2 | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Metodologi Studi Islam | 2 | | Sejarah Kebudayaan Islam | 2 | | Fiqih | 2 | | Ulumul Qur’an | 2 | | Ulumul Hadits | 2 | | Akhlak Tasawuf | 2 | | Kuliah Kerja Nyata | 4 | | Skripsi | 6 | | Psikologi Umum | 2 | | Perkembangan Peserta didik | 2 | | Landasan Pendidikan | 2 | | Belajar dan Pembelajaran | 2 | | Manajemen Pendidikan | 2 | | Penelitian Tindakan kelas | 2 | | Bimbingan Konseling | 2 | | Komunikasi Pendidikan | 2 | | Profesi Keguruan | 2 | | Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) | 4 | | Aqidah Akhlaq MI | 2 | | Pembelajaran Aqidah Akhlaq MI | 2 | | Al-Qur’an Hadits MI | 2 | | Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI | 2 | | Fiqih MI | 2 | | Pembelajaran Fiqih MI | 2 | | Sejarah Kebudayaan Islam MI | 2 | | Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI | 2 | | Metode Pembelajaran | 2 | | Bahasa Indonesia MI – 1 | 2 | | Bahasa Indonesia MI – 2 | 2 | | Pembelajaran Bahasa Indonesia MI | 2 | | MatematikaMI-1 | 2 | | MatematikaMI-2 | 2 |
| | | Mata Kuliah | SKS | | Pembelajaran Matematika MI | 2 | | Sains MI-1 | 2 | | Sains MI-2 | 2 | | Pembelajaran Sains MI | 2 | | Ilmu Pengetahuan Sosial MI-1 | 2 | | Ilmu Pengetahuan Sosial MI-2 | 2 | | Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan MI- 1 | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan MI- 2 | 2 | | Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan MI | 2 | | Bahasa Arab MI | 2 | | Pembelajaran Bahasa Arab MI | 2 | | Pembelajaran Tematik | 2 | | Seni Budaya dan Keterampilan MI | 2 | | Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan MI | 2 | | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan MI | 2 | | Pembelajaran Penjaskes MI | 2 | | Bahasa Jawa MI | 2 | | Pembelajaran Bahasa Jawa MI | 2 | | Bahasa Inggris MI | 2 | | Pembelajaran Bahasa Inggris MI | 2 | | Perencanaan Pembelajaran | 2 | | Pengembangan Kurikulum MI | 2 | | Evaluasi Pembelajaran | 2 | | Sumber dan Media Pembelajaran | 2 | | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MI | 2 | | Pembelajaran TIK MI | 2 | | Metodologi Penelitian Pendidikan | 2 | | Seminar Proposal | 2 | | Ilmu Dakwah* | 2 | | Metode Dakwah* | 2 | | Media Dakwah* | 2 | | Menejemen Dakwah* | 2 | | Psikologi Dakwah* | 2 | | Bisnis dan Kewirausahaan Islam* | 2 | | Manajemen Syari’ah* | 2 | | Akuntansi Syari’ah* | 2 | | Operasionalisasi Lembaga Ekonomi Umat* | 2 | | Strategi Pengusaha Sukses* | 2 |
|
|
| 8. Program Studi S1 PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) |
Gelar Lulusan : S.Pd.I. atau S.Ag. atau S.PdI. atau SAg.| Prospektus S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Program Studi PIAUD adalah Program Studi yang didesain untuk mencetak guru-guru RA/PAUD/TK yang profesional, berkarakter dan berkemajuan. Pembukaan Prodi PIAUD ini berdasarkan pada hasil riset di bidang neuroscience dan psikologi yang meneguhkan tentang penting dan niscayanya pendidikan usia dini, yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pendidikan usia dini sangat penting karena potensi kecerdasan dan perilaku dasar seseorang terbentuk pada rentang usia tersebut. Di sisi lain, bagi anak-anak generasi abad ke-21 tantangannya cukup berat. Berbagai perkembangan budaya yang tidak ramah anak mulai muncul dari berbagai pola kehidupan. Yang terbaru contohnya, kekerasan mental, fisik dan seksual pada anak yang tidak hanya datang dari luar, namun justru datang dari orang sekitar lingkungan atau bahkan keluarga sendiri. Belum lagi ancaman pornografi dan kekerasan yang mudah ditemui melalui media elektronik (TV, HP, Tablet dan komputer yang terkoneksi dengan internet) itu meruapakan contoh gambaran masyarakat yang tuna adab dan tuna budaya.
Tujuan PendidikanTujuan dari penyelenggaraan Program Studi PIAUD ini adalah sebagai berikut- Menghasilkan tenaga pendidik PIAUD yang berkarakter, dan memiliki kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional.
- Menghasilkan karya penelitian inovatif dalam bidang pendidikan guru PIAUD.
- Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bidang pendidikan guru PIAUD.
- Memberikan kontribusi sosial dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan usia dini (TK/PAUD/RA).
Dalam mewujudkan tujuannya di atas, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut
Kompetensi Lulusan
Lulusan dari penyelenggaraan Program Studi Program Studi PIAUD ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut
- Berkepribadian holistik.
- Menguasai teori perkembangan anak usia RA/PAUDI dan menerapkannya dalam pembelajaran.
- Mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan pada RA/PAUDI.
- Memiliki pemahaman tentang teori perkembangan anak usia RA/PAUDI.
- Memiliki kemampuan pembuatan bahan ajar untuk anak usia RA/PAUDI.
- Menguasai manajemen satuan pendidikan RA/PAUDI.
- Memiliki kemampuan melakukan penelitian tentang RA/PAUDI.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
- Guru RA/PAUD di Madrasah/Sekolah.
- Guru TKQ/TKA di Madrasah/BKPRMI.
- Taman Pengasuh Anak.
- Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
- Peneliti bidang Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
- Penulis bidangPendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
- Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.